Fantastis! Kambing Pygmy Mini Seharga Puluhan Juta - Rembang Jawa Tengah

Kambing kerdil merupakan salah satu jenis kambing yang berbeda dengan kambing ternak pada umumnya. Perbedaan antara kambing kerdil terlihat jelas dari segi ukuran, atribut, dan manfaatnya bagi peternak.

 

Istilah "pygmy" dalam bahasa Inggris mengacu pada orang kerdil, dan umumnya digunakan untuk menggambarkan berbagai bangsa yang memiliki tubuh sangat kecil (Pygmy). Domba kerdil dinamai berdasarkan ukurannya yang kecil dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.

 

Karena ukurannya yang menggemaskan dan keindahan alamnya, kambing mini ini lebih sering digunakan untuk penghias rumah daripada sumber makanan hewani (susu dan daging). Untuk bayi kambing kerdil, harganya sekitar 25 juta. Harga kambing hias tergolong mahal dibandingkan jenis kambing hias lainnya.

 

Masih ingin tahu lebih banyak tentang kambing kerdil? Baca selengkapnya mulai dari asal-usul atribut, ciri-ciri, cara pemeliharaan, dan terakhir, harga kambing Pygmy di artikel ini!

 

Asal Usul Kambing Pygmy

 

Kambing Pygmy adalah kambing mini yang berasal dari Afrika, khususnya di wilayah Lembah Kamerun. Kambing ini dipelihara untuk dijadikan kambing pedaging dan perah karena memiliki potensi yang tinggi untuk berkembang biak dan tahan terhadap berbagai penyakit dan parasit.

 

Pada abad ke-19, ketika Inggris memperkenalkan kambing kerdil di wilayah Eropa, itu adalah hewan eksotis yang dipamerkan di kebun binatang di sekitar Jerman dan Swedia. Pada akhir tahun 1950-an, kambing dari ras kerdil dibawa ke Amerika Serikat dan diperdagangkan untuk kebun binatang, lembaga penelitian, dan individu. Pada akhirnya, kambing mini ini tidak hanya mendapatkan popularitas tetapi juga menjadi hewan peliharaan atau model.

 

Ciri-Ciri Kambing Pygmy

 

Singkatnya kita dapat mendefinisikan kambing kerdil dalam istilah kambing yang berukuran kecil dan tampak padat. Ia memiliki kepala yang kecil dan kaki, dahi lebar, telinga tegak, memiliki kedua sisi dari leher hidung lurus dengan moncong bulat. Ketinggian kambing kerdil dewasa adalah 41-60cm. Kambing kerdil jantan memiliki berat badan rata-rata 27-39 kg. Betina memiliki berat berkisar antara 24-34 kg.

 

Dimensi ini tergolong dalam kategori mini atau kecil jika dibandingkan dengan jenis kambing Boer dengan tinggi sekitar 78 cm dan berat badan antara 94-114 kilogram serta kambing Saanen yang tingginya lebih dari 80 -90 cm dengan berat badan 60 kg.

 

Dari warna bulunya, kambing kerdil dapat ditemukan dalam warna dan corak yang cukup bervariasi. Mulai dari hitam, karamel ringan hingga coklat tua, abu-abu, campuran, dengan pola di punggung, wajah, atau perut.

 

Panjang bulu kambing kerdil tergantung pada cuaca dan seksualitas. Kambing jantan memiliki janggut yang lebih panjang dan surai yang jatuh di atas bahunya dan mereka juga memiliki tanduk yang lebih besar. Berbeda dengan kambing betina yang tidak berjanggut, jarang, atau bertanduk lebih kecil.

 

Bukan hanya dimensi dan penampilannya yang cantik, sifat hormat kambing kerdil, ramah dan aktif adalah hewan peliharaan yang bagus untuk anak-anak hingga orang dewasa. Kambing menggemaskan ini pintar dan mampu dilatih seperti hewan peliharaan lainnya. Sementara populasi dunia saat ini lebih suka melihat kambing mini sebagai kambing hias, di negara asalnya Afrika mereka dibiakkan untuk dijadikan sumber makanan hewani.

 

Daging kambing dikonsumsi seperti daging kambing lainnya. Produksi susu mereka juga diminati karena memiliki rasa yang menarik dan kaya akan kalsium, mineral potasium dan fosfor. Ini adalah produk yang jauh lebih unggul dari susu kambing perah. Kambing kerdil menghasilkan antara 1 hingga 2 liter susu setiap hari selama lebih dari 180 hari.

 

Umur kambing mini ini sendiri bisa mencapai 15 tahun. Sangat penting bagi mereka yang memelihara atau memelihara kambing kerdil untuk memiliki komitmen jangka panjang untuk merawatnya.

 

Bagaimana Cara Merawat Kambing Pygmy?

 

Menurut peternak kambing kerdil cara terbaik untuk merawat kambing jenis ini cukup mudah dan tidak memerlukan teknik khusus. Berikut 6 poin yang harus Anda perhatikan saat merawat kambing kerdil kesayangan Anda.

 

1. Makanan

Tidak berbeda dengan pola makan kambing pada umumnya. Kambing kerdil juga memakan daun segar, dahan, ranting dan rumput. Mereka juga diperbolehkan makan buah dan sayuran untuk merawat diri mereka sendiri, tetapi diet manis tidak dianjurkan untuk kambing yang rentan terhadap obesitas.

 

Selain itu tersedia pakan pabrik dengan nilai gizi yang telah dimodifikasi untuk kambing Pygmy sehingga memudahkan peternak untuk berkembang biak. Salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah air. Air harus selalu tersedia.

 

2. Penanganan

Sementara kambing kerdil suka disentuh oleh manusia, sangat penting untuk melakukan kontak fisik setiap hari dengan kambing kerdil muda Anda. Latihan ini sangat penting bagi kambing Anda untuk berkembang dan terbiasa dikelilingi atau didekati oleh manusia.

 

3. Kebersihan

kambing pygmy tidak perlu dimandikan setiap hari atau mengikuti jadwal mandi yang ketat. Cukup bersihkan dengan alat atau cuci dengan air jika ada kotoran atau kotoran yang menumpuk di atasnya. Selain itu, disarankan untuk mencabut kuku setiap 2-6 minggu sekali, jika ingin es tampak seperti melengkung.

 

Penting juga untuk memperhatikan keamanan dan kebersihan kandang setiap harinya. Pastikan tidak ada bagian kandang yang rusak dan dapat melukai tubuh kambing. Bantalan, jika digunakan, perlu diganti setiap minggu atau saat basah.

 

4. Tempat tinggal atau kandang

Jika berada di luar ruangan, pastikan kandang dibuat dari bahan yang kokoh dan akan melindungi kambing dari hujan atau angin kencang. Jaraknya juga tidak boleh terlalu dekat sehingga menyebabkan ruangan menjadi panas atau lembab.

 

Jika kambing dipelihara di dalam, tempatkan di kandang yang cukup besar, atau pagar yang cukup tinggi agar kambing tidak bisa melompat keluar. Untuk alas kandang, Anda bisa menggunakan pelet jerami atau kayu, atau serutan kayu, yang mudah dipegang kambing dan bisa menyerap air. Yang penting kambing kerdil itu harus tetap kering.

 

5. Olahraga

Mereka adalah kambing yang sangat aktif. Jadi, penting bagi mereka, terutama yang masih muda untuk bisa beraktivitas atau berolahraga dengan leluasa. Ruang yang cukup disediakan bagi mereka untuk berlari atau area untuk memanjat atau melompat.

 

6. Sosialisasi

Seperti manusia, kambing mini ini juga bersifat sosial. Mereka sangat menikmati hidup berkelompok dan berinteraksi dengan manusia. Pemilik kambing kerdil harus menghabiskan waktu Anda setiap hari untuk bersosialisasi atau bersama mereka untuk membangun kepercayaan dengan cepat. Karena mereka makhluk sosial Lebih baik memiliki satu pasangan.

 

Harga Kambing Pygmy mulai dari 25 Jutaan

 

Abad ke-19 adalah waktu di Eropa, keindahan dan keunikan kambing kerdil telah diakui oleh berbagai kalangan. Itu sebabnya kambing mini ini lebih banyak dibudidayakan sebagai kambing hias daripada kambing pedaging atau perah.

 

Keunikan yang dimiliki Kambing Pygmy dari segi ukuran dan penampilan inilah yang memungkinkannya untuk mengikuti kontes bertemakan kambing. Spesifikasi yang biasanya mempengaruhi harga kambing hias terdiri dari tinggi dan bentuk telinga gigi, mulut, hidung, dan sebagainya. Faktor lain yang menambah harga kambing hias adalah warna bulunya. Semakin sering kambing tersebut memenangkan suatu kontes, maka harga jualnya akan semakin tinggi.

 

Seorang peternak kambing kerdil di Bantul, Yogyakarta, mengaku harga kambing kerdil umur 3 bulan bisa mencapai 25 juta. Tidak ada perbedaan harga kambing kerdil jantan dan betina. Kabar baiknya, rasa penasaran masyarakat Indonesia terhadap kambing kerdil meningkat tajam di masa pandemi hingga tiga kali lipat. Sama Kecilnya, Perbedaan Kambing Pygmy Dan Kacang Tanah

 

Jangan bingung antara kambing kerdil dan kambing Kacang. Meskipun keduanya bertubuh kecil, dan berat rata-rata 25-30kg tetapi tempat asal dan sifat kedua varietas kambing ini berbeda. Kambing kerdil adalah produk indukan di Afrika yang disebut "Kambing Kerdil Kamerun (Cameroon Pygmy Goat) Kambing kacang berasal dari peternak lokal Indonesia.

 

Kambing kerdil lebih dari sekadar kambing hias karena penampilannya yang lucu. Berbeda dengan kambing kacang, dimanfaatkan untuk menyediakan makanan hewani. Produksi kacang tanah merupakan bagian penting dalam pendapatan petani skala kecil di daerah tersebut.

 

Ada ciri fisik yang membedakan kedua jenis kambing ini. Kambing kerdil memiliki tubuh yang lebih besar dengan bentuk yang lebih tegas, telinga yang berdiri tegak, dan pial , atau daging, yang menggantung di kedua sisi lehernya. Kalau kambing kacang lebih ramping badannya dan telinganya yang menjuntai, serta tidak memiliki pial.

 

Ada juga perbedaan besar dalam hal biaya. Anakan kambing kerdil yang berumur 3 bulan ke atas harganya 25 juta, sedangkan anakan kambing kacang dengan umur yang sama harganya mulai dari 1 juta.

 

Keuntungan Beternak Kambing Pygmy

 

Peternak kambing dari Indonesia tidak umum. Mahal sehingga peternak lebih cenderung membiakkan kambing lain. Namun bagi anda yang berduit lebih, bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bersaing dengan peternak kambing kerdil lokal yang jumlahnya sedikit.

 

Bukti keberhasilan peternak kambing kerdil di kehidupan nyata dapat dilihat pada contoh Dwi Susanto, pemilik Prayitno Farm di Yogyakarta Dia mengaku kewalahan dengan permintaan kambing kerdil yang datang dari berbagai kota di Indonesia. karena terbatasnya jumlah peternak kambing mini. Beternak kambing kerdil juga tidak harus menunggu musim tertentu. Mereka dapat memulai musim kawin kapan saja mulai dari usia muda empat hingga lima bulan. Beberapa bahkan mulai paling cepat dua minggu.

 

Namun lebih disarankan untuk menunggu kambing betina tumbuh besar hingga 12-18 bulan sebelum dapat dikawinkan. Kambing kerdil betina. Dimungkinkan untuk melahirkan atau empat anak setiap 9-12 bulan.

Sisi positif lain dari kambing kerdil adalah keunikan fisiknya yang layak untuk dijadikan sebagai kambing hias. Jika kambing kerdil Anda membawa pulang kontes menghias kambing, harga hewan kerdil Anda akan lebih mahal.

Di luar pekerjaan, kambing kerdil bisa menjadi pilihan hewan peliharaan yang lebih ortodoks. Mereka lembut, lembut dan aktif ve alam bisa menjadi pendamping yang sangat baik untuk anak-anak dan juga menghibur orang dewasa. Selain itu, merawat kambing mini yang menggemaskan ini juga mudah, menggunakan lahan yang lebih sedikit dari semua kambing dengan pakan harian yang segar dan segar tersedia di mana-mana.

Comments

Popular posts from this blog

UDitch Unicon Jawa Tengah: Solusi Cepat dan Mudah untuk Memperlancar Saluran Air

Instagram quotes tentang alam

Bibit Kambing Alpine Inggris - Tegal